-->

Monday 7 December 2015

SEKHABALA SUTTA

SEKHABALA SUTTA


Para bhikkhu, ada lima kekuatan yang dimiliki oleh seseorang yang berlatih. Apakah kelima kekuatan itu?

Kekuatan keyakinan, kekuatan malu, kekuatan risau pada akibat, kekuatan semangat, dan kekuatan kebijaksanaan.

Dan apakah kekuatan keyakinan itu? 

Ada seorang bhikkhu, seorang siswa agung yang memiliki keyakinan, yakin pada pencerahan Tathagata, ‘Demikianlah Bhagava, Yang Maha Suci, Yang Tercerahkan Sejati Secara Mandiri, Yang Sempurna Dalam Pengetahuan dan Perilaku, Penuntas Kebenaran, Pengenal Semesta, Pemandu Tiada Tara Bagi Makhluk yang Menerima, Guru Para Dewa dan Manusia, Yang Sadar, Yang Penuh Berkah." Inilah yang disebut kekuatan keyakinan.

Dan apakah kekuatan malu itu? 

Ada seorang bhikkhu, seorang siswa agung merasa malu akan perbuatan buruk melalui perbuatan, ucapan dan pikiran, Ia malu akan segala perilaku yang buruk dan tidak bermanfaat. Inilah yang disebut kekuatan malu.

Dan apakah kekuatan risau akan akibat itu? 

Di sini, para bhikkhu, seorang siswa agung merasa risau akan akibat dari perbuatan buruk melalui perbuatan, ucapan dan pikiran, Ia risau akan segala perilaku yang buruk dan tidak bermanfaat. Inilah yang disebut kekuatan risau akan akibat.

Dan apakah kekuatan semangat itu? 

Ada seorang bhikkhu, seorang siswa agung memiliki semangat dalam melenyapkan segala kualitas yang tidak baik dan memunculkan segala kualitas yang baik, Ia mantap dan kuat di dalam usahanya, tidak melalaikan kewajibannya sehubungan dengan kualitas yang baik. Inilah yang disebut kekuatan semangat.

Dan apakah kekuatan kebijaksanaan itu? 

Ada seorang bhikkhu, seorang siswa agung yang memiliki kebijaksanaan, memiliki kebijaksanaan dalam melihat muncul dan lenyapnya, Ia memiliki kebijaksanaan yang melihat muncul dan lenyapnya segala fenomena, yang agung, yang menembus, dan membimbing kepada hancurnya duka secara keseluruhan. Inilah yang disebut kekuatan kebijaksanaan.

Para bhikkhu, inilah lima kekuatan yang dimiliki oleh seseorang yang berlatih.

Karena itu, para bhikkhu, kalian seharusnya melatih diri demikian, 
‘Kami akan memperoleh kekuatan keyakinan yang merupakan kekuatan seseorang yang berlatih, kekuatan malu yang merupakan kekuatan seseorang yang berlatih, kekuatan risau pada akibat yang merupakan kekuatan seseorang yang berlatih, kekuatan semangat yang merupakan kekuatan seseorang yang berlatih dan kekuatan kebijaksanaan yang dimiliki oleh seseorang yang berlatih.’ 

Demikianlah seharusnya kalian melatih diri.

Sutta Pitaka, Anguttara Nikaya, Pancaka Nipata, Sekhabala Vagga, Sekhabala Sutta (AN 5. 2)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close