-->

Wednesday 16 December 2015

KHANDA SUTTA

KHANDA SUTTA


Di Savatthi.

“Para bhikkhu, bentuk adalah tidak pasti, dapat berubah, dapat bertukar.

Perasaan adalah tidak pasti, dapat berubah, dapat bertukar.

Persepsi adalah tidak pasti, dapat berubah, dapat bertukar.

Bentukan kehendak adalah tidak pasti, dapat berubah, dapat bertukar.

Kesadaran adalah tidak pasti, dapat berubah, dapat bertukar.”


“Seorang yang meyakini dan memahami fenomena- fenomena ini adalah demikian disebut seorang penganut keyakinan, yaitu seorang yang memasuki jalan pasti kebenaran, memasuki bidang orang- orang mulia, melampaui bidang kaum duniawi. Ia tidak mampu melakukan perbuatan yang karenanya dapat mengakibatkannya terlahir kembali di alam neraka, di alam binatang, atau di alam hantu kelaparan. Ia tidak meninggal dunia sampai ia menembus buah Pemasuk Arus.”

“Seseorang yang menerima fenomena- fenomena ini adalah demikian setelah merenungkan hingga tingkat yang mencukupi dengan kebijaksanaan disebut seorang penganut Dhamma, yaitu seorang yang memasuki jalan pasti kebenaran, memasuki bidang orang- orang mulia, melampaui bidang kaum duniawi. Ia tidak mampu melakukan perbuatan yang karenanya dapat mengakibatkannya terlahir kembali di alam neraka, di alam binatang, atau di alam hantu kelaparan. Ia tidak meninggal dunia sampai ia menembus buah Pemasuk Arus.”

“Seorang yang mengetahui dan melihat fenomena- fenomena ini adalah demikian disebut seorang Pemasuk Arus, teguh, tidak akan lagi terlahir di alam rendah, menuju pencapaian penerangan sempurna.”

Sutta Pitaka, Samyutta Nikaya, Khanda Vagga, Okkanta Samyutta, Cakkhu Vagga, Khanda Sutta (SN 25. 10)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close