-->

Friday 18 December 2015

DHANUGGAHA SUTTA

DHANUGGAHA SUTTA


Di Savatthi.

“Para Bhikkhu, andaikan ada empat pemanah yang kuat, terlatih baik, dengan tangan yang mahir, dan handal, berdiri di keempat penjuru. Kemudian seseorang datang dan berkata, ‘Aku akan menangkap dan mengumpulkan anak panah yang dilepaskan oleh keempat pemanah yang kuat, terlatih baik, dengan tangan yang mahir, dan handal, sebelum anak panah itu jatuh ke tanah.’ Bagaimana pendapat kalian? Apakah dengan demikian, ia dapat dikatakan sebagai manusia yang cepat, memiliki kecepatan yang paling hebat?”


“Meskipun ia dapat menangkap dan mengumpulkan anak panah yang dilepaskan oleh satu pemanah yang kuat, terlatih baik, dengan tangan yang mahir, dan handal, sebelum anak panah itu jatuh ke tanah. Hal itu adalah cukup untuk ia sebagai manusia yang cepat, memiliki kecepatan yang paling hebat, apalagi terdapat empat pemanah.”

“Para Bhikkhu, lebih cepat dari kecepatan manusia itu, adalah kecepatan matahari dan bulan. Lebih cepat dari kecepatan manusia itu, lebih cepat dari kecepatan matahari dan bulan, adalah kecepatan para dewa yang menuju dan melalui matahari dan bulan. Lebih cepat dari kecepatan manusia itu, lebih cepat dari kecepatan matahari dan bulan, lebih cepat dari kecepatan para dewa yang menuju dan melalui matahari dan bulan, adalah kecepatan rentang kehidupan makhluk untuk mencapai akhir. Oleh karena itu, kalian sepatutnya melatih diri demikian, ‘Kami akan hidup dengan kesadaran yang benar.’ Demikianlah kalian sepatutnya melatih diri.

Sutta Pitaka, Samyutta Nikaya, Nidana Vagga, Opamma Samyutta, Pathama Vagga, Dhanuggaha Sutta (SN 20. 6)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close