-->

Monday 7 December 2015

KULA SUTTA

KULA SUTTA


Para bhikkhu, ketika seorang yang penuh kebajikan, datang ke rumah keluarga dari perumah tangga, orang- orang menambah kebajikan dengan lima hal. Apakah kelima hal itu?

Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan datang pada keluarga itu, pikiran orang- orang ketika melihat beliau, menjadi senang dan damai. Ketika itu keluarga itu melakukan praktek yang menuntun ke alam bahagia.

Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan datang pada keluarga itu, orang- orang berdiri untuk menghormati beliau, membungkuk untuk menghormati beliau, dan menawarkan tempat duduk. Ketika itu keluarga itu melakukan praktek yang menuntun pada kelahiran pada keluarga yang berstatus tinggi.



Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan datang pada keluarga itu, orang- orang menghilangkan kekikirannya. Ketika itu keluarga itu melakukan praktek yang menuntun pada nama besar (posisi yang tinggi) (kemasyhuran).

Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan datang pada keluarga itu, orang- orang berbagi dengan beliau sesuai dengan kemampuan dan kekuatan. Ketika itu keluarga itu melakukan praktek yang menuntun pada kekayaan yang banyak.

Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan datang pada keluarga itu, orang- orang bertanya dan meminta keterangan, mendengarkan Dhamma. Ketika itu keluarga itu melakukan praktek yang menuntun pada kebijaksanaan yang adibiasa.

Para bhikkhu, ketika seseorang yang penuh kebajikan, datang ke rumah keluarga dari perumah tangga, orang- orang menambah kebajikan dengan lima hal demikian.

Sutta Pitaka, Anguttara Nikaya, Pancaka Nipata, Sona Vagga, Kula Sutta (AN 5. 199)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close