-->

Monday 7 December 2015

GILANA SUTTA

GILANA SUTTA


Para bhikkhu, ada tiga jenis pasien yang dapat ditemukan di dunia ini. Apakah ketiganya itu?

Ada seorang pasien terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak memperoleh makanan yang sesuai, terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak memperoleh obat- obatan yang sesuai, dan terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak meperoleh perawatan yang tepat, ia tidak akan sembuh dari penyakitnya.

Ada seorang pasien terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak memperoleh makanan yang sesuai, terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak memperoleh obat- obatan yang sesuai, dan terlepas dari apakah ia memperoleh atau tidak meperoleh perawatan yang tepat, ia akan sembuh dari penyakitnya.


Ada juga seorang pasien yang akan sembuh dari penyakitnya hanya jika ia memperoleh makanan yang sesuai, hanya jika ia memperoleh obat- obatan yang sesuai, dan hanya jika ia memperoleh perawatan yang tepat, tetapi ia tidak akan sembuh dari penyakitnya jika dia tidak memperolehnya.

Para bhikkhu, karena pasien ini akan sembuh dari penyakitnya hanya jika ia memperoleh makanan yang sesuai, hanya jika ia memperoleh obat- obatan yang sesuai, dan hanya jika ia memperoleh perawatan yang tepat, tetapi ia tidak akan sembuh dari penyakitnya jika dia tidak memperolehnya. Bagi mereka makanan yang sesuai, obat- obatan yang sesuai dan perawatan yang tepat harus diberikan.

Tetapi selain ia, dua jenis pasien yang lain pun harus diberikan hal yang sama juga.

Inilah ketiga jenis pasien yang dapat ditemukan di dunia ini.

Para bhikkhu, ada pula tiga jenis manusia yang dapat ditemukan di dunia ini yang dapat dibandingkan dengan tiga jenis pasien itu.

Ada seorang manusia terlepas dari apakah ia memiliki atau tidak memiliki kesempatan melihat Sang Tathagata dan terlepas dari apakah ia memiliki kesempatan mendengarkan Dhamma serta Vinaya yang dibabarkan oleh Sang Tathagata, dia tidak akan masuk ke jalan mulia dan tidak akan mencapai kesempurnaan di dalam pengetahuan kebenaran.

Ada seorang manusia terlepas dari apakah ia memiliki atau tidak memiliki kesempatan melihat Sang Tathagata dan terlepas dari apakah ia memiliki kesempatan mendengarkan Dhamma serta Vinaya yang dibabarkan oleh Sang Tathagata, dia akan masuk ke jalan mulia dan akan mencapai kesempurnaan di dalam pengetahuan kebenaran.

Ada juga seorang manusia yang akan masuk ke jalan kepastian dan mencapai kesempurnaan di dalam pengetahuan kebenaran hanya jika ia memiliki kesempatan melihat Sang Tathagata dan memiliki kesempatan mendengarkan Dhamma serta Vinaya yang dibabarkan oleh Sang Tathagata. Namun dia tidak akan mencapainya jika dia tidak mendapat kesempatan ini.

Para bhikkhu, karena manusia ini akan masuk ke jalan kepastian dan mencapai kesempurnaan di dalam pengetahuan kebenaran hanya jika ia memiliki kesempatan melihat Sang Tathagata dan memiliki kesempatan mendengarkan Dhamma serta Vinaya yang dibabarkan oleh Sang Tathagata. Bagi mereka diberikan tuntunan dan pengajaran Dhamma.

Tetapi selain ia, kepada dua jenis manusia yang lain pun Dhamma harus diajarkan juga.

Inilah tiga jenis manusia yang dapat ditemukan di dunia ini yang dapat dibandingkan dengan tiga jenis pasien itu.


Sutta Pitaka, Anguttara Nikaya, Tika Nipata, Puggala Vagga, Gilana Sutta (AN 3. 22)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close