-->

Monday 7 December 2015

ANNATARO BRAHMANO SUTTA

ANNATARO BRAHMANO SUTTA


Pada suatu ketika, seorang brahmana pergi kepada Bhagava. Mendatangi Bhagava, ia bertukar sapa dengan beliau. Setelah perkenalan dan tukar sapa, ia duduk di satu sisi. Setelah duduk di satu sisi itu, brahmana itu berkata, “Apakah yang dinyatakan oleh Yang Mulia Gotama, apakah yang diajarkan olehnya?”

“Saya menyatakan hal yang sepatutnya dilakukan, dan hal yang sepatutnya tidak dilakukan, brahmana.”

“Namun bagaimakah, Yang mulia Gotama menyatakan hal yang sepatutnya dilakukan, dan yang sepatutnya tidak dilakukan.”



“Brahmana, Saya mengatakan ‘hal yang sepatutnya tidak dilakukan’, adalah perbuatan tidak baik melalui tindakan, perbuatan tidak baik melalui ucapan, dan perbuatan tidak baik melalui perniatan, mengembangkan pikiran yang buruk dan tidak berguna, Saya mengatakan ‘hal yang sepatutnya tidak dilakukan.’”

“Brahmana, Saya mengatakan ‘hal yang sepatutnya dilakukan’, adalah perbuatan baik melalui tindakan, perbuatan baik melalui ucapan, perbuatan baik melalui perniatan, mengembangkan pikiran yang berguna, Saya mengatakan ‘hal yang sepatutnya dilakukan.’ Demikianlah Saya mengajarkan ‘hal yang sepatutnya dilakukan’ dan Saya mengajarkan ‘hal yang sepatutnya tidak dilakukan.’”

“Luar biasa, Yang Mulia Gotama! Luar Biasa, Yang Mulia Gotama! Bagaikan membalikkan sesuatu yang tadinya terbalik, memperlihatkan sesuatu yang tersembunyi, mengembalikan sesuatu yang tadinya hilang, atau membawa lampu di dalam kegelapan sehingga yang memiliki penglihatan dapat melihat dengan jelas, demikianlah Yang Mulia Gotama, dengan berbagai cara, menerangkan Dhamma. Saya berlindung kepada Buddha Gotama, Dhamma, dan Sangha. Semoga Yang Mulia Gotama mengingat saya sebagai seorang perumah tangga yang berlindung untuk selamanya."

Sutta Pitaka, Anguttara Nikaya, Duka Nipata, Samacitta Vagga, Annataro Brahmano Sutta (AN 2. 33)

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close