-->

Sunday 10 January 2016

Confucius - Hal Kecil Dan Hal Besar

Ada seorang yang ingin melakukan hal yang besar yang menimbulkan sensasi. Sambil berjalan, sambil makan bahkan sambil tidur dia memikirkan impiannya ini.

Pada suatu hari, dia bertemu dengan Konfusius yang baru pulang dari negara tetangga, dia menceritakan impiamnya kepada Konfusius.

Konfusius dengan tersenyum mengusap jenggotnya, mengangguk-angguk kepalanya berkata, "Bagus, saya menyarankan mulai hari ini dan seterusnya mempertahakan setiap hari menyapu bersih jalanan didepan rumahmu, apakah engkau bisa melakukannya?"

Orang tersebut sambil menepuk dadanya dengan rasa percaya diri berkata, "Hal yang sesederhana ini, bukan masalah."

Pertama selama beberapa hari dia mempertahankan setiap hari menyapu jalanan di depan rumahnya, tetapi setelah melakukan beberapa hari, dia merasa tidak perlu setiap hari menyapu, lalu dia menukarnya melakukannya seminggu sekali, akhirnya sebulan hanya menyapu sekali,setelah beberapa lama kemudian dia bahkan sama sekali telah melupakan hal tersebut.

Konfusius setelah mengetahui hal tersebut, menggeleng-geleng kepala dengan menarik nafas berkata kepadanya, "Hal-hal sekecil ini saja engkau tidak dapat mempertahankannya, bagaimana mengharapkan orang lain dari dasar hati percaya dan mengharapkan kamu, dan menyerahkan urusan penting yang berhubungan dengan kehidupan rakyat dan negara ke tanganmu?"

Sumber : http://kebajikandalamkehidupan.blogspot.com

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close