-->

Sunday 31 August 2014

Amulet "Pelindung" Magis dari Thailand



Thailand memiliki banyak kekayaan Buddhis yang tersohor ke seluruh penjuru dunia. Berbicara tentang kekayaan Buddhis Thailand bukan hanya tentang vihara-vihara yang indah dan sakral. Orang Thailand menyebut vihara sebagai ‘wat’. Kekayaan Buddhis Thailand lain yang tak kalah populernya adalah amulet.

Apa itu amulet? Kalau dilihat dari asal katanya, amulet berarti sebuah obyek yang melindungi seseorang dari gangguan. Biasanya berupa benda yang diyakini memberikan keuntungan atau perlindungan kepada pemakainya. Bentuknya bermacam-macam, bisa berupa kalung, koin, cincin, patung, batu, dan lain-lain.

Salah satu jenis amulet yang terkenal luas di seluruh dunia adalah amulet Thailand. Amulet di Thailand kebanyakan berupa gantungan kalung dan sangat kental akan aroma Buddhis. Amulet di Thailand sekarang ini malah bukan hanya merupakan sebuah karya seni religius yang unik, namun juga telah menjadi buruan para kolektor dan harganya pun tidak main-main.


Bukan hanya karena perlindungan yang dipercaya, faktor historisnya pun mempengaruhi harga sebuah amulet. Bahkan, ada sebuah amulet yang harganya mencapai 2 miliar!

Amulet terbuat dari campuran bahan yang biasanya dibentuk menjadi wajah Buddha atau sosok bhikkhu berpengaruh di Thailand. Campuran bahan tersebut berupa tanah. Tanah Thai atau Thailand berarti tanah penuh perdamaian. Hal ini merujuk pada sejarah Thailand yang tidak pernah dijajah dan jarang terjadi konflik bersenjata. Kadang bahan amulet juga berupa tepung. Lalu dibingkai dengan logam.

Amulet diyakini memiliki kekuatan karena dibacakan paritta khusus oleh para bhikkhu yang sangat disegani melalui sebuah proses ritual panjang.

Ada empat jenis amulet keramat yang diyakini orang Thailand. Yang pertama adalah ‘khruang-rang’ yang terbuat dari batu atau tembaga. Amulet ini diyakini akan melindungi pemakainya jika dipakai di mulut atau badan. Jenis kedua adalah ‘phra-khruang’ yang berbentuk patung Buddha. Biasanya dipakai untuk ritual Buddhis. Jenis ketiga adalah ‘khruang-luk-sek’. Amulet ini dipercaya mampu membangkitkan potensi seseorang. Dan jenis terakhir adalah ‘wan ya’. Amulet ini terbuat dari tanaman yang diyakini mampu melawan penyakit.

Banyak vihara di Thailand yang memproduksi amulet untuk menghidupi kelangsungan vihara sekaligus memberi kesempatan kepada umat Buddha untuk berdana. Namun hal ini ternyata rentan terhadap kesalahpengertian. Banyak orang yang terlalu menggantungkan hidupnya pada amulet dan melupakan pelindung yang sebenarnya seperti diajarkan Buddha, yaitu diri sendiri.

Pernah ada seorang gembong narkotika yang tewas dalam penggerebekan oleh polisi Thailand. Ternyata sang gembong narkotika tewas dalam keadaan mengulum amulet. Setelah diselidiki, amulet tersebut diyakini memiliki kekuatan magis besar karena dibacakan paritta oleh bhikkhu yang sangat disegani. Namun ternyata amulet tersebut tidak mampu menjadikannya kebal oleh berondongan timah panas polisi.

Sumber : Buddhazine.com

No comments :

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

close